Saturday 28 February 2015
    Text Size

    Hafal Quran, Berikut Ini Beberapa Metodenya!

    “Sesungguhnya Al Qur'an ini memberikan petunjuk kepada  yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang Mu'min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (Al-Isra ayat 9)

    Sahabat Ummi, sesungguhnya menghafal quran merupakan amalan yang luar biasa. Berkata Imam Nawawi : “Hal Pertama (yang harus diperhatikan oleh seorang penuntut ilmu) adalah menghafal Al Quran, karena dia adalah ilmu yang terpenting, bahkan para ulama salaf tidak akan mengajarkan hadits dan fiqh kecuali bagi siapa yang telah hafal Al Quran.”

    Lalu bagaimana caranya agar kita lebih mudah dalam menghafal quran? Berikut beberapa metodenya.

    Read more: Hafal Quran, Berikut Ini Beberapa Metodenya!

    Mampukah Memilih Pasangan Hidup Tanpa Harus Pacaran?

    By -
    ilustrasi © thevocket.com

    “Kenapa sih, ngga boleh pacaran? Kan kita saling suka sama suka, kita juga ngga ganggu orang lain”, kalimat seperti ini acap kali diucapkan oleh para remaja dengan nada kesal. Zaman yang semakin modern, remaja pacaran, berjalan dan mojok berduaan, memang sudah sangat biasa. Mereka terlihat di mana-mana.

    Pengaruh media, televisi, internet, bacaan dan lain-lain membuat pergaulan menjadi bebas. Pola pacaran menjadi lebih “berbahaya” dan “seronok”. Akhir-akhir ini buku berjudul “Saatnya Aku Belajar Pacaran” menuai kecaman dari berbagai kalangan mulai dari birokrat, tokoh agama hingga lingkungan masyarakat serta media sosial dan media massa. Penulisnya pun akhirnya meminta maaf serta menarik buku yang telah beredar. Terdapat halaman yang berisi tentang bercinta, sikap remaja, seputar pacaran, dan hubungan anak dengan orang tua. Apabila buku ini dibaca oleh remaja sekarang, mereka bisa menganggap zina adalah hal yang biasa.

    Dari zaman nabi Adam sampai zaman Rasulullah SAW, agama Islam telah melarang pencurian seperti juga Islam melarang orang untuk pacaran, atau pun mendekati zina. Allah Maha Mengetahui, yang Maha Pencipta, yang paling tahu apa yang terbaik buat kita. Allah menginginkan manusia ciptaan-Nya hidup bahagia dunia akhirat, sehat wal ‘afiat dan menjadi penghuni surga yang selamat.

    Pacaran tidak menjamin kita akan tahu sifat calon suami atau istri seseorang. Hanya dengan shalat istikharah, meminta petunjuk kepada Allah. Berdoalah: “Ya Allah, kalau memang ia baik untukku mudahkanlah, jika tidak baik untukku jauhkanlah”.

    Memilih pasangan hidup yang baik tidak hanya dilihat dari penampilan luarnya saja. Karena bisa saja penampilan luar itu hanya sebuah fatamorgana yang menipu mata. Orang yang baik adalah orang yang bagus akhlaqnya dan bertaqwa kepada Allah Ta’ala.

    Karena itu, Islam menganjurkan kepada laki-laki untuk memilih istri yang shalihah. Mendahulukannya daripada istri yang kaya, atau istri yang mempesona kecantikannya, atau istri yang berasal dari keturunan ningrat.

    Read more: Mampukah Memilih Pasangan Hidup Tanpa Harus Pacaran?

    Ikhtiar Perlu Serius

    Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Kaya mengkaruniakan kepada kita kesungguhan untuk memberikan yang terbaik dalam setiap ibadah kita. Shalawat dan salam semoga selalu terlimpahkan kepada Rasulullah Saw.

    Allah Swt. berfirman, “Dan, orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al Ankabut [29] : 69).

    Saudaraku, banyak sekali urusan dunia ini yang seolah nampak berat untuk dilakukan sehingga manusia enggan menyanggupinya. Padahal yang sebenarnya terjadi hanyalah tentang mau bersungguh-sungguh atau tidak. Karena banyak sekali yang nampak berat tercapai, rupanya bisa tercapai karena kesungguhan.

    Contohnya shalat Tahajud. Mengapa shalat ini seolah hal yang berat sekal untuk dilakukan? Bangun di malam hari saat orang lain tidur nyenyak, mengambil air wudlu lalu mendirikan shalat. Membayangkannya sudah terasa berat. Yang terjadi sebenarnya bukan Tahajudnya yang berat, melainkan karena tidak adanya kesungguhan untuk menunaikannya.

    Read more: Ikhtiar Perlu Serius

    Ma'had Al Jamiah, Penangkal Aliran Sesat di Lingkungan Kampus

    Jakarta (Pinmas) —- Maraknya beberapa kasus pemahaman dan pemikiran agama yang cukup meresahkan masyarakat dan dianggap sesat di lingkungan kampus cukup mendapat perhatian dari Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Dit. PD Pontren).

    Guna mengantisipasi maraknya model pemahaman beragama yang keluar dari mainstream, Dit. PD Pontren berencana memperluas jangkauan Ma’had Al Jamiah kepada mahasiswa. 

    “Untuk itu, melalui Mahad al Jamiah diharapkan akan menjadi filter dari  arus pemahaman dan pemikiran agama yang sempit dan sesat yang belakangan ini marak di kalangan mahasiswa,” kata Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Ace Saefuddin, saat membuka acara Workshop Kelembagaan Pendidikan Diniyah, Selasa (10/6) kemarin.  

    Read more: Ma'had Al Jamiah, Penangkal Aliran Sesat di Lingkungan Kampus

    Undangan Terbuka Temu Alumni Ma'had Al-Jami'ah Seluruh Angkatan

    PAMPLET TEMU ALUMNI-2014 ok
    Assalamualaikum, wr,wb

    Undangan terbuka
    Kepada seluruh Alumni Ma'had Al-Jami'ah IAIN STS Jambi untuk dapat hadir pada acara "Temu Alumni Seluruh Angkatan dan Silaturrahim" De-PALMA (Dewan Persatuan Alumni Ma'had Al-Jami'ah) Pada :

    Hari : Minggu, 09 Maret 2014
    Pukul : 09.00 s/d Selesai
    Tempat : Gedung Asrama Putra Ma'had Al-Jami'ah Sungai Duren
    Acara : Silaturrahim, Nonton Bareng dan membahas hal-hal yang dianggap perlu.

    Maka kami mengharapkan kepada seluruh Alumni untuk dapat hadir pada acara tersebut.
    Demikian undangan ini kami sampaikan, atas partisipasi dan kehadirannya diucapkan terima kasih,

    Wassalamualaikum, wr,wb

    Pembukaan Ma'hadian Championship Mudabbir Vs Ustadz

    Dalam rangka menyambut tahun baru Hijriah,  Ma’had Al-Jami’ah mengadakan susatu event besar yang dinamakan Ma’hadian Championship 2013. Event ini bertujuan untuk memeriahkan tahun baru Islam yang akan jatuh pada hari selasa (5/11) nanti.

    Pembukaan Ma’hadian Championship tersebut diwarnai dengan pertandingan futsal antara Mudabbir dan Asatidz, pertandingan itu berlangsung tepat setelah acara pembukaan Ma’hadian Championship tersebut, tepatnya pukul 16.30Wib Seluruh Mudabbir dikerahkan untuk melawan para Asatidz yang ada di Ma’had Al-Jami’ah. Namun hal tersebut ternyata sia-sia. Para mudabbir pun kalah telak dengan Skor 5-1 untuk para Asatidz.

    Read more: Pembukaan Ma'hadian Championship Mudabbir Vs Ustadz

    Fans Page Ma'had

    Statistik Pengunjung

    01838782
    Hari Ini
    Kemarin
    Minggu Ini
    Bulan Ini
    Bulan Lalu
    Semua
    141
    1069
    6134
    22369
    19314
    1838782

    Your IP: 54.161.176.90
    Server Time: 2015-02-28 07:27:26